Tips Memperoleh Posisi Pertama di Google dengan Long Tail Keyword

Tips Memperoleh Posisi Pertama di Google dengan Long Tail Keyword | Pada Artikel Membuat Konten Website Berkualitas untuk Meningkatkan Penjualan Produkmu  sudah saya jelaskan sekilas tentang Long Tail Keyword. Jadi Long Tail Keyword merupakan Kata Kunci yang memiliki kata lebih dari 3 yang biasanya diketikkan di google untuk mencari sebuah informasi atau produk. Keyword semacam ini memiliki persaingan rendah sehingga tidak terlalu sulit untuk mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari. Nah bagaimana cara kita mencari Long Tail Keyword yang potensial, saya akan jelaskan langkah langkahnya dibawah ini.

Sebelum itu silahkan disiapkan toolnya sebagai berikut.

Langkah pertama yang Kita lakukan adalah menggunakan keywordtool.io . Keywordtool.io ini merupakan sebuah website untuk mencari keyword sugesstion dan long tail  dari keyword yang kita cari, sesuai dengan tagelinenya “The first place to start is with long-tail research and this can be done with the help of a number of tools. ”  Setelah mengakses keywordtool.io  maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, selanjutnya ketikan keyword yang dicari disesuaikan dengan niche (jenis) website. Contohnya saja saya memiliki website paket wisata nusa penida, maka saya akan mencari long tail keyword dari keyword tersebut. Maka saya akan ketikan sesuai seperti pada gambar dibawah dan karena target yang saya ingin cari adalah indonesia, maka saya masukan Indonesia pada kolom location. Kemudian tekan tombol Cari.

mendapatkan posisi pertama di google

Kemudian akan muncul hasil long tail keyword dibawah ini. Namun Search Volume , Trend, CPC, Competition tidak bisa dilihat, untuk melihat hasil tersebut kita harus membeli lisensi pro. Nah inilah saatnya menggunakan Keyword Everywhere untuk mendatkan hasil Search Volume , Trend, CPC, Competition. Cara menggunakannya yaitu  copy terlebih dahulu hasil keyword long tail dengan klik tombol copy/export all di pojok kanan bawah kemudian klik copy to clipboard .

Nah selanjutnya adan perlu mengetahui kategori competition pada keyword. Caranya arahkan pada kolom competition maka akan muncul informasi kategori competition.

Selanjutnya klik pada ads on keyword everywhere yang sudah diinstal di chrome sebelumnya. Biasanya akan muncul di pojok kanan atas , selanjtnya klik import keyword.

Langkah selanjutnya anda akan diarahkan ke tampilan website keywords everywhere, selanjutnya paste  keyword yang didapat dari keywordtool.io pada kolom isian di web keywords everywhere, seperti contoh dibawah ini. Kemudian klik Get Metrics

Selanjutnya kamu akan mendapatkan  hasil dari CPC, Competition  dan search volume dari keyword tersebut. Yang perlu diperhatikan dari hasil ini adalah Cari Competition dengan Kategori Low dan memiliki serach volume.

Setelah terpilih keyword yang sesuai kategori, kamu sudah bisa mulai membuat artikel dengan menggunakan title (judul) menggunakan keyword long tail terserbut kemudian pada paragraf pertama jangan lupa menambahkan keyword tersebut menjadi sebuah paragraf.  Sekian tutorial kali ini. Semoga Bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih.

Eka Parianthana
Eka Parianthana
Founder dan Programmer di Blue Creative Bali. Sangat Antusias dengan dunia coding dan photography.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *