Cara Meningkatkan Ranking Google Ads ke Posisi Pertama di Google

Cara Meningkatkan Ranking Google Ads ke Posisi Pertama di Google | Posisi pertama di Search Engine Google sangat penting  karena tidak ada orang yang membuka halaman kedua pada hasil pencarian. Jika Website yang kamu iklanlan digoogle terletak di posisi pertama maka tentu saja lebih banyak mendapatkan klik dan impresi yang potesial mendatangkan closing. Berada di halaman pertama Google sangat penting bagi visibilitas dan kesuksesan perusahaan Anda, tetapi bagaimana caranya?

Nah, ada dua cara:

Secara organik melalui optimasi mesin pencari (SEO) dan  iklan berbayar menggunakan Google AdWords. Untuk memperoleh posisi pertama di google dengan cara organik,Kamu tidak perlu membayar langsung untuk website kamu agar tampil di Google, tetapi untuk tampil di halaman pertama kamu harus menunjukkan kualitas  konten yang baik dan website anda memiliki umur panjang dan juga melalui optimasi Search Engine pada Website kamu. Namun, jika kamu tidak punya waktu untuk menunggu lalu lintas organik, alternatifnya adalah iklan penelusuran berbayar melalui Google Ads dulu Google Adsword.

Bagaimana Google Memilih Iklan yang Ditampilkan di Halaman 1?

Seperti namanya “pencarian berbayar” menunjukkan, ada biaya langsung untuk menampilkan iklan kamu di Google. Namun, bukan hanya perusahaan dengan uang terbanyak yang iklannya ditampilkan. Google telah lama menyadari bahwa cara terbaik untuk menjadi sukses adalah menyediakan hasil pencarian yang paling relevan bagi pengguna. Lagi pula, jika orang tidak menemukan hasil pencarian yang berguna, mereka akan berhenti menggunakan mesin pencari. Jadi, Google merancang sistem yang mendorong dan memberi penghargaan kepada pengiklan karena menyediakan konten yang paling relevan untuk pencarian yang mereka targetkan.

Rumus dasar untuk menghitung bagaimana peringkat iklan dalam hasil pencarian adalah:

Ad Rank = Bid x Quality Score

Dengan Bid adalah jumlah maksimal yang bisa kamu bayarkan per klik pada iklan kamu, dan Quality Score merupakan seberapa relevan iklan Anda terhadap penelusuran. Semakin tinggi Ad Rank, semakin tinggi posisi pada halaman Google. Dalam sistem ini, Jika anda memiliki Quality Score yang bagus, kamu dapat mengeluarkan bid lebih sedikit untuk mengungguli iklan yang lain.

Faktor-faktor yang memperngaruhi Quality Score

Rumus sebenarnya untuk Quality Score hanya diketahui oleh google. Ini agar pengiklan tidak tahu persis apa yang Google perhitungkan dan tidak dapat mempermainkan sistem hanya dengan berfokus pada faktor-faktor tersebut. Sebaliknya,Google ingin berfokus untuk memberikan pengalaman yang relevan dan bermanfaat secara keseluruhan saat pengguna beralih dari penelusuran ke iklan ke laman web.

Google memiliki tiga komponen utama yang masuk ke dalam Quality Score:

  • Landing Page – Seberapa relevan halaman/website yang kamu iklankan dengan keyword pencarian pengguna, dan juga betapa mudahnya halaman itu diakses, yang mencakup hal-hal seperti loading time.
  • Relevansi Iklan – Seberapa relevan iklan kamu dengan apa yang dicari pengguna, ini termasuk deskripsi iklan, judul iklan dan pemanfaatan semua fitur pada iklan.
  • CTR  – Seberapa besar kemungkinan iklan kamu diklik, diperkirakan oleh Google berdasarkan kinerja history Iklan kamu, kinerja history dari pengiklan serupa, dan fitur Google Ads  yang Anda gunakan.

Apa yang Kamu Lakukan Sekarang untuk Mengaktifkan Iklan di Halaman 1 Google?

Sekarang setelah kamu tahu apa yang menentukan peringkat iklan di Google,Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan bisnis Kamu ke posisi teratas. Pertama kamu harus mengetahui Quality Score keyword yang kamu target. Quality Score akan muncul setelah  1 atau 2 hari karena google mengkalkulasikan data histori iklan yang tayang. Sekarang kamu menuju ke Menu Keyword, kemudian pilih keyword yang kamu target, selanjutnya arahkan ke status iklan (Eligble) nah disana akan muncul Quality Score, Status iklan muncul di Posisi Pertama Google atau tidak. Selain itu pada menu keyword adna juga dapat melihat Bid tertinggi untuk keyword yang anda target. Jika Anda ingin iklan Anda tampil lebih tinggi, Anda sekarang tahu apa yang perlu Anda perbaiki untuk mewujudkannya —Bid, Landing Page, Relevansi Iklan dan CTR.

 

Kamu mungkin telah memperhatikan bahwa faktor-faktor untuk meperoleh posisi pertama di Google ini tidak terbatas hanya pada pengaturan Google Ads kamu, tetapi juga mempertimbangkan desain dan konten website kamu. Dan meskipun jumlah Bid yang kamu bayarkan bukanlah akhir segalanya, itu memainkan peran utama dalam formula. Banyak bisnis serupa yang mengiklankan pada keyword yang sama sehingga tawaran Bid untuk posisi pertama pada keyword tersebut menjadi sangat tinggi. Jika Iklan anda tampil diposisi pertama maka traffic pada google akan melimpah dan memberikan lebih banyak peluang untuk closing penjualan bisnis anda.

Saya telah berbicara banyak tentang peringkat dan CTR, tetapi penting untuk diingat bahwa itu hanya bagian kecil dari faktor yang mempengaruhi Quality Score. Fokus utama dari kampanye Iklan anda adalah harus menghasilkan prospek yang berubah menjadi penjualan. Namun, penting untuk mengetahui apa yang terjadi dalam menjalankan kampanye iklan penelusuran berbayar sehingga Kamu tahu bagaimana uang kamu digunakan dan apa yang harus dilakukan untuk menyiapkan diri kamu menuju kesuksesan. Jika dilakukan dengan benar, kampanye Iklan PPC dapat menghasilkan angka ROI yang besar untuk perusahaan kamu. Dilakukan dengan buruk, itu bisa menghabiskan banyak uang.

Jika kamu sudah memiliki akun Google Ads aktif dan perlu bantuan dengan manajemen atau menginginkan report dari pengaturan kamu saat ini, jangan ragu untuk menghubungi kami. Jika saat ini Kamu tidak menggunakan AdWords tetapi tertarik untuk memulai, kami juga dapat membantu Kamu di link ini Jasa Google Ads di Bali

Sumber

  • wikipedia
  • google
  • bluecorona
  • toffeedev

 

 

Eka Parianthana
Eka Parianthana
Digital Marketer at Blue Creative Bali.