Mengenal Marketing Research

Marketing Research

Marketing research adalah hal penting yang perlu dipahami oleh setiap pebisnis. Dengan riset yang tepat, kamu bisa mengambil keputusan dan menerapkan strategi bisnis dengan lebih baik. Banyak perusahaan sukses menggunakan riset pasar untuk memahami kebutuhan konsumen dan mengidentifikasi peluang baru. Yuk, kita pelajari lebih lanjut tentang apa itu marketing research dan bagaimana cara melakukannya!

Baca juga: Jasa Iklan Instagram di Bali

Definisi Marketing Research

Marketing research, menurut American Marketing Association (AMA), adalah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan, dan masyarakat umum dengan pemasar melalui informasi. Sederhananya, ini adalah penelitian yang dilakukan secara sistematis untuk mendapatkan data yang akurat tentang target pasar. Tujuannya? Agar keputusan bisnis yang diambil tepat sasaran.

Fungsi dan Tujuan Marketing Research

Marketing research bukan hanya membantu menentukan strategi bisnis, tapi juga memberikan banyak manfaat lain. Berikut beberapa fungsi dan tujuannya:

Memahami Kebutuhan Konsumen

Dengan marketing research, kamu bisa mengumpulkan informasi tentang target pasar dan konsumen. Data ini membantu kamu memahami apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, sehingga kamu bisa merancang produk yang tepat sesuai kebutuhan mereka.

Mengidentifikasi Potensi Pasar

Riset ini juga mengumpulkan informasi tentang konsumen, kompetitor, dan merek. Dengan memahami potensi pasar, kamu bisa lebih mudah menyasar target yang potensial menjadi konsumen.

Meminimalisir Risiko Usaha

Semua pebisnis pasti ingin menghindari kerugian. Marketing research membuat perusahaan lebih jeli dalam melihat masalah sehingga risiko bisa diminimalisir. Informasi dari riset ini bisa menjadi panduan sebelum mengambil keputusan penting dalam bisnis.

Memprediksi Proyeksi Bisnis

Proyeksi bisnis adalah cara untuk melihat peluang bisnis di masa depan. Dengan marketing research, kamu bisa memproyeksikan kondisi bisnis untuk pengambilan keputusan jangka panjang yang lebih baik.

Bahan Evaluasi Bisnis

Data hasil marketing research juga bisa digunakan sebagai patokan untuk mengevaluasi produk dan meninjau peta persaingan bisnis. Ini membantu perusahaan dalam menganalisis kinerja strategi yang dijalankan sebelumnya dan membuat evaluasi bisnis jadi lebih terarah.

Metode Marketing Research

Ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk melakukan marketing research. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Quantitative Research

Quantitative research mengumpulkan data berupa angka dalam statistik. Jenis riset ini bersifat objektif dan sering kali melibatkan pengujian hipotesis. Kamu bisa mendapatkan data kuantitatif melalui survei langsung, penyebaran kuisioner, modeling, atau pengumpulan data crawling.

Qualitative Research

Berbeda dengan quantitative research, qualitative research bersifat subjektif. Meski demikian, data dari riset ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan pandangan atau review konsumen terhadap suatu produk.

Primary Research

Primary research adalah metode yang mendapatkan data langsung dari narasumber utama. Metode ini sangat berguna untuk mendapatkan informasi langsung yang spesifik dan mendalam.

Secondary Research

Secondary research mendapatkan data dari pihak kedua atau ketiga. Artinya, kamu tidak perlu melakukan riset langsung karena data sudah tersedia dari sumber lain. Contoh sumber data sekunder adalah laporan lembaga atau instansi tertentu, infografis, atau market insight dari penyedia layanan data.

Dengan memahami marketing research dan menerapkan metode yang tepat, kamu bisa mengambil keputusan bisnis yang lebih baik. Riset pasar memberikan informasi penting tentang data penjualan, kompetitor, dan kondisi pasar. Dengan data tersebut, perusahaan dapat membidik target konsumen dengan tepat dan memaksimalkan strategi pemasaran. Jadi, jangan ragu untuk mulai melakukan marketing research demi kesuksesan bisnismu!

Kesimpulan

Marketing research adalah kunci sukses dalam dunia bisnis. Dengan memahami kebutuhan konsumen, mengidentifikasi potensi pasar, meminimalisir risiko usaha, memprediksi proyeksi bisnis, dan menyediakan bahan evaluasi bisnis, riset pasar membantu perusahaan mengambil keputusan yang lebih tepat dan strategis. Menggunakan berbagai metode seperti quantitative research, qualitative research, primary research, dan secondary research, bisnis bisa mendapatkan data yang akurat dan relevan.

Tanpa marketing research, perusahaan berisiko menjalankan strategi yang tidak efektif dan salah sasaran. Oleh karena itu, penting untuk melibatkan riset pasar dalam setiap tahap pengambilan keputusan. Dengan alat dan layanan yang tepat, seperti produk dari Compas, kamu dapat melakukan riset pasar dengan cepat dan akurat untuk mendukung kesuksesan bisnismu.