Keuntungan Menggunakan Google Ads Untuk Bisnis Anda

Bagi Anda para pebisnis pasti sudah mengenal apa itu Google Ads. Dalam bisnis, iklan adalah salah satu strategi marketing yang paling ampuh untuk mengenalkan brand dan produk. Tidak sedikit bisnis kecil yang kemudian mengalami peningkatan setelah membuat iklan. Nah, Google Ads adalah layanan iklan online berbayar yang disediakan oleh Google.

Google Ads adalah salah satu platform beriklan yang bisa dikatakan efektif dalam menghasilkan output. Hal ini karena iklan yang Anda pasang bisa menargetkan pengguna yang spesifik.

Dan meeski berbayar, nyatanya Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari alokasi dana iklan. Supaya lebih jelas, simak penjelasan di bawah ini mengenai apa itu Google Ads.

Google Ads Itu Apasih?

Google Ads adalah program periklanan online Google. Melalui Google Ads, Anda dapat membuat iklan online untuk menjangkau orang-orang tepat pada saat mereka tertarik pada produk dan layanan yang Anda tawarkan.

  • Google Ads adalah produk yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis, membantu menjual produk atau layanan, meningkatkan kesadaran, dan meningkatkan traffic ke situs.
  • Akun Google Ads dikelola secara online, sehingga Anda dapat membuat dan mengubah kampanye iklan kapan saja, termasuk teks iklan, setelan, dan anggaran.
  • Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum dan Anda menetapkan dan mengontrol anggaran Anda sendiri. Anda dapat memilih tempat iklan muncul, menetapkan anggaran yang sesuai bagi Anda, dan mengukur pengaruh iklan dengan mudah.

Cara Kerja Google Ads

Google AdSense menyediakan cara bagi penayang untuk mendapatkan uang dari konten online mereka. AdSense berfungsi dengan mencocokkan iklan dengan situs Anda berdasarkan konten dan pengunjung. Iklan tersebut dibuat dan dibayar oleh pengiklan yang ingin mempromosikan produk mereka. Karena pengiklan tersebut membayar berbagai iklan dengan harga yang berbeda-beda, jumlah yang Anda peroleh tidak akan sama.

Manfaat Google Ads Untuk Bisnis

Dalam penjelasan mengenai apa itu Google Ads dikatakan bahwa salah satu tempat iklan Anda muncul adalah di penelusuran Google. Artinya, situs Anda akan menempati halaman pertama hasil pencarian. Jika sudah menempati halaman pertama, sudah pasti traffic website bisnis atau toko online Anda pun meningkat.

Iklan situs Anda yang dipasang nantinya akan muncul di setiap kata kunci yang audiens ketik di mesin pencari. Misalnya, kata kunci yang Anda gunakan untuk bisnis Anda adalah fashion korea. Maka, setiap audiens yang mengetikkan kata kunci tersebut akan melihat situs Anda di halaman pertama Google SERP.

2.Mendapatkan Target Audiens secara Spesifik

Menampilkan iklan di Google tentu saja banyak keuntungannya, terutama karena pengguna mesin pencari tersebut jumlahnya semakin tinggi dari waktu ke waktu. Melalui program periklanan tersebut, Anda bisa mendapatkan audiens sesuai yang ditargetkan. Pengguna internet yang mencari informasi dengan kata kunci tertentu berarti memiliki ketertarikan dengan hal tersebut. Jika pencariannya relevan dengan promosi Anda, maka iklan tersebut dapat muncul dan ditemukan pengguna.

Manfaat Google Ads yang lebih menarik ialah pemasang iklan bisa mengelola dan mengatur target secara spesifik. Misalnya menentukan waktu kapan iklan tersebut ditampilkan. Pengaturan target juga meliputi jenis kelamin, usia, hingga menentukan wilayah. Mengatur tampilan iklan berdasarkan wilayah memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens dari kota atau provinsi tertentu secara lebih akurat. Dengan begitu, kampanye yang dilakukan akan lebih efektif dan tepat sasaran. Pengelolaan iklan bahkan juga bisa diatur berdasarkan jenis device pengguna, seperti komputer desktop, smartphone, hingga tablet. Anda dapat menampilkan campaign pada semua device atau memilih jenis device tertentu saja.

3.Reputasi Bisnis Website Meningkat

Cara meningkatkan reputasi website bisnis bisa juga dengan cara organik seperti menggunakan SEO. Hanya saja dengan menggunakan SEO ini butuh waktu lama untuk untuk muncul di halaman teratas google. Maka, dengan memasang iklan di Google Ads akan memudahkan anda untuk meningkatkan reputasi website bisnis anda dalam waktu singkat.

4. Jangkauan Iklan Luas

Manfaat Google Ads lainnya ialah dapat menjangkau audiens secara luas. Google adalah mesin pencari yang paling populer di dunia saat ini. Penggunanya tersebar di seluruh wilayah Indonesia bahkan seluruh dunia. Ini artinya, Anda dapat membuat beberapa macam campaign dan menjalankannya sekaligus. Kemudian menyebarkannya secara luas dengan memanfaatkan potensi jangkauan Google. Ini adalah kesempatan emas jika Anda menargetkan pasar luar negeri. Tentunya masing-masing campaign harus disesuaikan dengan tiap-tiap target audiens yang memiliki karakteristik berbeda. Di samping itu, Anda juga perlu melakukan riset kata kunci secara tepat agar menjangkau pencarian yang relevan.

5.Remarketing

Google Ads bisa mengiklankan bisnis anda dari website dan website lain yang berpartnert dengan Google. Contohnya ketika ada audiens mengunjungi website anda lalu berpindah ke website lain, maka iklan tentang website anda akan muncul di website tersebut.

Remarketing tujuannya untuk mempertahankan audience yang berpotensial dimana mereka pernah mengunjungi website anda. Dengan cara ini bisa meningkatkan penjualan anda karena target iklan ke orang yang berminat dan pernah mengunjungi website anda.

6.Situs Bisnis Bisa Muncul di Peringkat Teratas SERP

Keuntungan kedua dari memasang iklan melalui Google Ads adalah situs bisnis atau toko online Anda bisa muncul di peringkat teratas Google SERP. Hal ini tentu menjadi keuntungan yang paling diinginkan oleh setiap pebisnis, bukan? Dengan situs bisnis yang muncul pada peringkat pertama, maka kemungkinan mereka akan mengunjungi sangatlah besar.

Tentunya, situs bisnis Anda akan muncul untuk kata kunci yang telah Anda tentukan. Misalnya, Anda menentukan kata kunci ‘kedai kopi’ untuk iklan Anda. Maka, iklan tersebut akan muncul di setiap audiens mengetik kata kunci ‘kedai kopi’ pada mesin pencari.

7.Meningkatkan Penjualan dengan Biaya Minim

Jika bisnis anda bergerak di bidang B2B, maka beriklan lewat media TV, banner dan koran merupakan langkah yang tidak tepat bila dijalankan. Hal ini dikarenakan target market bisnis B2B berada di kalangan orang-orang yang mengakses internet, seperti para pelaku bisnis atau pemilik usaha.

Sebagai contoh, jika anda ingin beriklan di media TV, maka iklan yang diputar harus bersifat umum dan tidak menyebutkan nama perusahaan serta produk yang ditawarkan. Sebaliknya, jika anda ingin beriklan lewat banner, maka adanya informasi spesifik tentang produk dan perusahaan akan sangat membantu.

Karena itulah, jika bisnis anda bergerak di bidang B2B, sebaiknya gunakan media online untuk melakukan promosi dan beriklan. Salah satu media online yang paling efektif untuk melakukannya adalah dengan beriklan di Google Ads. Karena selain mudah digunakan, Google Ads juga sangat efektif untuk membantu Anda meningkatkan traffic ke website Anda.

Seperti yang diketahui, Google Ads adalah salah satu program iklan online yang ditawarkan oleh Google. Program ini menyediakan berbagai macam opsi iklan yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Kunci utama menggunakan Google Ads adalah Anda bisa mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke website Anda.

Selain itu, dengan program ini, anda juga bisa memilih target pengunjung dan negara asalnya. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan pengunjung yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda dan bisa menyesuaikan budget.