Instagram Luncurkan Aplikasi IG TV, Video Bisa Hingga 1 Jam

igtv, fitur baru instagram, instagram tv, apa itu igtv

https://www.popsugar.com.au/news/What-IGTV-Instagram-44965108

Instagram baru saja merilis aplikasi terbaru yaitu IG TV. Dengan fitur ini pengguna sekarang bisa menonton video dengan durasi yang lebih panjang, yaitu selama 1 jam. Ini berbeda dari sebelumnya di mana video yang tampil di aplikasi Instagram melalui fitur Stories hanya dibatasi selama 15 detik.

Sebelumnya memang sempat berhembus kabar kalau Instagram akan memerpanjang durasi fitur Stories hingga 1 jam. Tapi ternyata layanan ini malah diluncurkan dengan aplikasi sendiri tersendiri bernama IG TV. Peluncurannya sendiri digelar pada sebuah acara konferensi di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (20/6/2018).

Kehadiran aplikasi IG TV langsung dikomentari oleh banyak pengguna, bahwa aplikasi ini akan menjadi saingan YouTube. Tapi sebenarnya ada perbedaan di antara kedua aplikasi ini. Di mana di IG TV video yang bisa tampil harus dalam format vertikal atau seukuran layar smartphone. Selain itu video yang diunggah ke IG TV juga tidak akan hilang, berbeda dengan fitur Stories di Instagram.

Menggunakan IG TV
Karena IG TV merupakan aplikasi tersendiri, untuk bisa menikmatinya maka pengguna harus mengunduhnya terlebih dulu.

Saat membuka aplikasi IG TV, pengguna akan langsung disajikan berbagai video yang langsung diputar. Video yang tampil ini, menggunakan algoritma khusus, akan disesuaikan dengan minat pengguna masing-masing. Saat pertama kali menggunakan IG TV, video yang tampil berasal dari video milik pengguna Instagram lain yang di-follow.

Pengguna bisa membuat channel video sendiri pada IG TV. Caranya dengan menekan tombol ikon Pengaturan yang ada di sebelah kanan tampilan IG TV. Di aplikasi IG TV sendiri terdapat beberapa menu, seperti For You, Following, Popular dan Continue Watching.

Menu ‘For You’ berisi video yang disajikan untuk pengguna. Menu ‘Following’ berisi video dari akun Instagram yang sudah di-follow sebelumnya. Sedangkan menu ‘Popular’ terdiri dari kumpulan video yang paling populer di IG TV. Dan untuk menu ‘Continue Watching’ berisi video yang belum selesai ditonton sampai habis, jadi pengguna bisa menonton kembali video tersebut.

Pengguna IG TV bisa mengunggah video yang sudah tersimpan di Galeri perangkat. Ini karena IG TV tidak menyediakan fitur Record Video di dalam aplikasinya. Jadi pengguna harus merekam video dulu, lalu disimpan di Galeri , baru kemudian diunggah ke IG TV.

Pengguna IG TV juga dapat memberikan komentar, like, dan share video yang ditonton. Di sisi lain si pemilik channel dari video tersebut akan mendapatkan notifikasi jika video-nya ada yang memberi Like atau Komentar.

Cara Kerja IG TV

IGTV akan membiarkan siapa pun menjadi pencipta, bukan hanya nama besar selebriti. Orang-orang akan dapat mengunggah video vertikal melalui aplikasi Instagram atau web. Semua orang kecuali akun yang lebih kecil dan baru akan dapat segera mengunggah video berdurasi satu jam, dengan opsi tersebut akan meluas ke semua orang nantinya. Aplikasi IGTV akan tersedia secara global di iOS dan Android kadang-kadang hari ini, serta di aplikasi Instagram melalui tombol berbentuk TV di atas Cerita. “Kami membuatnya menjadi aplikasi khusus sehingga Anda dapat mengetuknya dan menikmati video tanpa semua gangguan,” jelas Systrom.

Dalam aplikasi khusus IGTV atau pengalaman di-Instagram-nya, pemirsa akan dapat menggesek melalui berbagai video berdurasi panjang, atau menggesek untuk mengunjungi tab Jelajah video yang disarankan secara pribadi, video populer, pembuat konten yang mereka ikuti, dan opsi untuk terus menonton video yang dimulai sebelumnya. Pengguna juga akan mendapat info dari tombol IGTV yang mengingatkan mereka akan konten baru.

IGTV juga akan membiarkan para pembuat mengembangkan Saluran Instagram penuh dengan berbagai video mereka yang dapat diserap oleh orang-orang. Pembuat konten dapat menempatkan tautan dalam deskripsi video mereka untuk mengarahkan lalu lintas ke tempat lain.

Tidak Ada Iklan Di IGTV … Namun “Tidak ada iklan di IGTV hari ini,” kata Systrom, tapi dia mengatakan itu “jelas tempat yang sangat wajar [untuk iklan] berakhir.” Dia menjelaskan bahwa karena para pembuat menginvestasikan banyak waktu ke dalam video IGTV, dia ingin membuat yang berkelanjutan dengan menawarkan kepada mereka cara untuk memonetisasi di masa depan. Instagram juga tidak membayar pembuat konten langsung untuk video IGTV, seperti yang dilakukan Facebook untuk melejitkan pusat video Facebook Watch.

Dengan 1 miliar pengguna di Instagram, IGTV dapat menjadi populer dengan para pembuat konten tidak hanya berusaha mendapatkan uang tetapi menumbuhkan pemirsa mereka. Instagram diharapkan untuk membuat opsi monetisasi untuk pembuat konten IGTV, yang berpotensi termasuk pembagian pendapatan iklan. Basis pengguna besar juga dapat menarik pengiklan. eMarketer sudah mengharapkan Instagram untuk menghasilkan $ 5.48 miliar dalam pendapatan iklan AS pada tahun 2018. Pemegang saham Facebook menyukai suara inventaris iklan premium yang didambakan bisnis saat mereka mengalihkan pengeluaran dari televisi. Harga saham Facebook naik lebih dari 2,2 persen hari ini menjadi hampir $ 202.

Instagram telah berkembang jauh melampaui kesederhanaan awal hanya dengan memfilter dan berbagi foto. Ketika diluncurkan, jaringan seluler, layar, dan kamera tidak siap untuk video berdurasi lebih panjang, dan tidak ada pengguna. Karena semakin banyak keluarga yang memotong kabel atau remaja mengabaikan televisi sama sekali, meskipun, Instagram memiliki kesempatan untuk menjadi TV seluler. YouTube mungkin selalu memiliki konten yang lebih luas, tetapi melalui kurasi pembuat konten dan konten video penerbit, Instagram bisa menjadi tempat yang dapat diandalkan untuk menonton sesuatu yang hebat di layar kecil.

Sumber: https://daily.oktagon.co.id/instagram-luncurkan-aplikasi-igtv-video-bisa-hingga-1-jam/ || https://techcrunch.com/2018/06/20/igtv/

Nursarita Prasistayanti
Nursarita Prasistayanti
-Learning by doing-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *