Home » Uncategorized @id » Digital Marketing: Definisi, Jenis, Kelebihan, dan Contohnya
Digital marketing kini semakin jadi favorit dalam beriklan. Digital marketing adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Apa itu digital marketing?
Sama halnya dengan jenis iklan lainnya, konsep digital marketing adalah untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.
Digital marketing adalah metode pemasaran yang kini diutamakan banyak perusahaan maupun organisasi seiring kemutakhiran teknologi. Strategi bisnis pun tak lagi konvensional seperti beriklan di media cetak maupun pemasangan reklame.
Keunggulan jasa digital marketing dibandingkan metode pemasaran konvensional yakni pemasaran barang atau jasa yang ditargetkan, terukur, dan interaktif.
Dikutip dari Investopedia, istilah digital marketing adalah mengacu pada penggunaan saluran digital untuk memasarkan produk dan layanan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.
Jenis pemasaran ini melibatkan penggunaan situs web, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan saluran serupa lainnya. Pemasaran digital menjadi populer dengan munculnya internet pada 1990-an.
Digital marketing melibatkan beberapa prinsip yang sama dengan pemasaran konvensional dan sering dianggap sebagai cara baru bagi perusahaan untuk mendekati konsumen dan memahami perilaku mereka.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kerapkali perusahaan sering menggabungkan teknik pemasaran konvensional dan digital dalam strategi mereka.
Banyaknya jasa digital marketing yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa metode ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh.
Jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional, digital marketing memiliki kelebihan di sektor jangkauan dan teknologi artificial intelligence yang dapat mempelajari perilaku calon pelanggan di dunia maya.
Ini adalah beberapa kelebihan dari digital marketing
Umumnya kelebihan digital marketing adalah biayanya yang notabene lebih murah daripada teknik pemasaran konvensional. Meski terkadang bisa saja digital marketing bisa lebih mahal, terutama pada awal proses branding.
Selain itu dengan digital marketing, pembiayaan bisa menyesuaikan target dari iklan yang diinginkan. Dengan kata lain iklan menyasar secara lebih spesifik kepada calon konsumen potensial.
Umumnya kelebihan digital marketing adalah biayanya yang notabene lebih murah daripada teknik pemasaran konvensional. Meski terkadang bisa saja digital marketing bisa lebih mahal, terutama pada awal proses branding.
Selain itu dengan digital marketing, pembiayaan bisa menyesuaikan target dari iklan yang diinginkan. Dengan kata lain iklan menyasar secara lebih spesifik kepada calon konsumen potensial.
Salah satu kelebihan dalam digital marketing adalah pengaplikasiannya yang mudah. Dengan digital marketing, pengusaha memiliki kemudahan dalam menjangkau calon konsumen yang lebih luas.
Beberapa platform yang dapat Anda gunakan di antaranya adalah media sosial (Facebook, Instagram, Twitter) dan marketplace (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lain-lainnya). Karena bersifat digital, maka iklan akan lebih mudah diakses oleh calon konsumen.
Jangkauan calon konsumen yang lebih besar akan berdampak pada meningkatnya volume penjualan barang dan jasa yang ditawarkan.
Konsep digital marketing adalah dinilai lebih efektif bagi pengusaha atau produsen suatu produk. Hal ini dikarenakan pada digital marketing perusahaan dapat lebih memfokuskan periklanan kepada calon konsumen yang lebih potensial sehingga iklan lebih tepat sasaran.
Dengan pemasaran yang lebih efektif, sasaran konsumen yang potensial lebih terarah dan tentunya memaksimalkan penjualan produk atau jasa yang perusahaan miliki. Pemasaran menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.
Penerapan digital marketing adalah memberikan keuntungan tersendiri, selain memasarkan produk yang ditawarkan.
Keuntungan lainnya adalah kemudahan yang perusahaan dapatkan dalam mengumpulkan data konsumen. Dalam semua aspek iklan digital, baik sebelum maupun sesudah melakukan iklan khususya dengan Google Ads dan Facebook Ads, keuntungan terbesarnya adalah data.
Data ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan strategi pemasaran berikutnya. Data konsumen dapat berupa jenis kelamin, usia, minat, lokasi konsumen, serta preferensi pembelian.
Dalam praktiknya, digital marketing adalah dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik untuk penyampaian pesan promosi hingga evaluasinya.
Alat elektronik ini mengacu pada perangkat yang umumnya terhubung dengan internet dengan berbagai bentuk promosi.
Beberapa bentuk digital marketing yang umum adalah video, iklan bergambar, unggahan media sosial, dan lain sebagainya. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat dan akurat.
Berikut adalah beberapa contoh digital marketing
Contoh digital marketing adalah website. Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah. ini adalah beberapa contoh website: https://funbalitravel.com/ https://myincredibletrips.com/
SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian.
Contoh jasa digital marketing adalah sosial media. Edarkan platform di media sosial seperti Facebook dan Twitter karena dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan.
Merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli.
Media promosi melalui internet dengan berbayar. Ini dapat mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya.
Selanjutnya, contoh jasa digital marketing adalah email. Perusahaan dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.
Dengan cara ini, perusahaan dapat langsung menjelaskan tentang bisnis melalui audio visual, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.
Affiliate Marketing dalam digital marketing adalah ketika perusahaan bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis kamu. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.
Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.
PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs kamu dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, kamu bayar lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap kliknya.
Itulah informasi seputar jasa digital marketing. Pada dasarnya, digital marketing adalah branding dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.