Cara Pemasaran Online Yang Efektif Untuk UMKM

Cara Pemasaran Online Yang Efektif Untuk UMKM

(Img Src : Freepik)

 

Perkembangan Pesat dunia bisnis yang semakin melesat, membuat sebagian besar penduduk Indonesia mencoba melakukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Melalui UMKM ini, para pelaku bisnis diharapkan dan dituntut untuk dapat lebih kreatif dan inovatif, dimulai dari menciptakan produk hingga memasarkan produk jualannya karena persaingan di dunia bisnis akan semakin ketat.

Oleh karena itu, agar bisnis atau usaha kamu berjalan dengan baik diperlukan adanya strategi pemasaran produk yang efektif dan ampuh. Salah satu strategi pemasaran yang bisa kamu terapkan untuk bisnis kamu adalah menggunakan strategi marketing online yang efektif untuk UMKM.

Sebelum mengetahui bagaimana caranya menjalankan strategi marketing online, cari tau dulu yuk! Strategi marketing online adalah salah satu cara bagaimana memasarkan sebuah produk atau jasa dimana penjualannya dilakukan melalui dunia maya atau internet.

Biasanya strategi pemasaran dalam UMKM lebih cenderung dibuat dan dijalankan secara spontan, tidak fokus dan seadanya. Perencanaan yang terlalu detail dan berbelit-belit dianggap terlalu menyulitkan. Sehingga kebanyakan para pelaku bisnis menggunakan strategi pemasaran yang bersifat fleksibel.

Hal ini disebabkan karena terbatasnya jumlah anggaran pemasaran, khususnya pemasaran online demi menyesuaikan tren pasar. Nah untuk mensukseskan hal tersebut, perlu adanya strategi pemasaran yang efektif namun dengan anggaran pemasaran yang rendah atau bahkan tanpa menggunakan budget.

Dengan melakukan pemasaran produk secara online, jangkauan promosi yang kamu lakukan akan semakin luas dan tidak terbatas, bahkan konsumen dapat dengan mudahnya menemukan produk yang kamu jual hanya melalui internet. Lalu bagaimana cara menerapkan strategi Pemasaran Online Untuk UMKM yang efektif dan tepat? Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran online bagi para UMKM yang dapat kamu lakukan:

 

 

(Img Src : Freepik)

Memiliki Toko Online

Dengan Memiliki Toko Online, Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Banyak situs atau aplikasi Online yang memudahkan kamu dalam Berjualan Secara Online secara gratis misalnya Tokopedia dan berbagai forum jual beli lainnya. Produk yang Kamu jual secara online bisa di akses oleh seluruh pengguna internet seluruh dunia, jadi produk Kamu akan lebih mudah untuk menjangkaku pelanggan dari berbagai tempat di dunia. Toko Kamu tidak akan tutup karena pengguna internet dapat mengunjungi  toko online Kamu dalam 24jam sehari, jadi ketika Kamu tidur sekalipun, kemungkinan banyak yang sedang melihat lihat produk Kamu dan bahkan melakukan pembelian.

 

(Img Src : Freepik)

Menggunakan Media Sosial Sebagai Media Promosi

Kamu pasti tidak asing dengan sosial media,sosial media dapat dipahami sebagai suatu platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya, social media sangat berpengaruh besar dalam pemasaran suatu produk. Bayangkan saja, sampai detik ini jumlah pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya semakin lama semakin meningkat. Hal ini tentu menjadi peluang yang sangat bagus untuk kamu dalam memperkenalkan atau mempromosikan produk jualanmu. Selain itu, di beberapa media sosial menyediakan fitur-fitur yang mampu mempermudah kinerja promosi iklan bisnis online kamu.

Karena sangat pentingnya media sosial untuk promosi bisnis online, oleh karena itu jangan sampai melewatkan kesempatan untuk promosi produk jualan kamu di media sosial.

 

(Img Src : Freepik)

Menggunkan Situs Penyedia Iklan

menggunakan situs penyedia iklan. Kamu bisa memasang iklan melalui situs penyedia iklan seperti Google Adwords, Facebook Ads, Instagram Ads dan masih banyak lagi. Melalui penyedia iklan tersebut, pengiklanan Kamu akan semakin optimal sehingga dapat membantu traffic pengunjung ke toko online Kamu menjadi semakin tinggi.

 

(Img Src : Freepik)

Mempunyai Website

Website untuk UMKM yang dibuat dengan profesional akan meningkatkan kredibilitas bisnis. Calon pelanggan yang masih ragu akan mencari informasi di internet dan mengunjungi website UMKM. Keberadaan website untuk mempromosikan produk dan dilengkapi dengan informasi detail mengenai bisnis, produk, layanan, bahkan harga jual dapat menambah kepercayaan pelanggan dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk yang kamu ditawarkan. Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan menggunakan website. Hal ini karena website dapat diakses oleh calon pelanggan dari berbagai kota dan negara yang berbeda-beda. Dengan luasnya pasar yang dapat dijangkau dengan bantuan website, bisnis Anda pun akan mengalami peningkatan penjualan. Pelanggan dari kota lain atau negara lain pun dapat membeli produk Anda secara online

 

Sudah Punya Website Untuk Memajukan Bisnismu?

Website bagi kalangan pelaku usaha diperlukan demi memperbesar kesempatan menjangkau pasar yang lebih luas. Pada era digital ini, orang-orang cenderung menjelajah internet dan mencari informasi melalui Google sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Hal ini dapat dimanfaatkan pebisnis untuk mempromosikan produk dan membangun reputasi. Khusus untuk pemesanan hari ini lagi ada diskon spesial 50%. Tunggu apalagi yuk langsung bikin website di Bluecreative.

 

Majukan Bisnismu dengan Jasa Website dari Kami