Home » bussines tips » Pengertian, Manfaat dan Cara Kerja SEO
Seringkali kita mendengar istilah SEO (terutama bidang digital marketing). Banyak yang bertanya – tanya, apa sih SEO itu? Nah, melalui artikel ini Anda saya ajak untuk memahami lebih dalam tentang apa itu SEO, bagaimana cara kerja SEO, dan manfaat SEO. Search Engine Optimization atau optimalisasi mesin pencari – atau yang dikenal dengan istilah SEO adalah proses perbaikan atau optimasi situs web/blog atau lebih khusus lagi terhadap halaman web agar memperoleh posisi yang baik di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERPs).
Teorinya… Search Engine Optimization atau SEO adalah Optimasi Mesin Pencari yaitu: melakukan sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”
Tujuan sederhana SEO adalah untuk menghasilkan lalu lintas situs web yang lebih tinggi dan berkualitas ke situs web atau blog.
Daftart Isi
ToggleSEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. (Wikipedia)
Apa Manfaatnya ???
Dalam dunia maya dewasa ini, penerapan SEO dilakukan dalam bentuk Konten Website yang bersifat sederhana, berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca/pengunjung. Konten yang memiliki daya tarik kuat dan bermanfaat bagi pembaca akan lebih banyak mendapat kunjungan dan akan banyak dibagikan (share) ke orang lain melalui email maupun media sosial. Itu akan membuat website semakin banyak dikunjungi sehingga menaikkan trafikpengunjung website di mesin pencari.
Ketika membutuhkan suatu informasi di internet biasanya Anda akan membuka Google atau Bing lalu mengetikkan satu atau beberapa kata di kolom pencarian.
Nah SEO bekerja agar Google atau mesin pencari lainnya dapat menyajikan hasil pencarian yang relevan dengan kata atau frasa yang diketikkan di kolom pencarian tadi.
Mesin pencari sendiri memiliki dua fungsi, merambah (crawling) dan membangun indeks kemudian menyajikan informasi paling relevan kepada pengguna sesuai dengan kata atau frasa yang diketikkan di laman pencarian.
Bagaimana Google merambah dan mengumpulkan jutaan informasi seperti itu lalu menyajikannya untuk Anda? Jawabannya adalah mereka menggunakan sesuatu, orang menyebutnya Spider.
Spider adalah program yang ditanam dalam mesin pencari seperti Google, tugas spider mencari informasi, melakukan investigasi dan menganalisa setiap halaman web kemudian memilih informasi paling berkualitas dan relevan dengan pencarian yang sedang dilakukan saat ini.
Bayangkan World Wide Web sebagai jaringan terminal di sistem pemberhentian bus di kota-kota besar.
Setiap terminal adalah dokumen unik (biasanya halaman web, tapi terkadang PDF, JPG, atau file lainnya). Mesin pencari membutuhkan cara untuk “merangkak” seluruh kota dan menemukan semua terminal di sepanjang jalan, jadi mereka menggunakan jalur terbaik yang menyediakan-link ke area yang dituju.
Struktur link web berfungsi untuk mengaitkan semua halaman bersama-sama.
Link memungkinkan robot otomatis mesin telusur, yang disebut “perayap” atau “spider”, untuk menjangkau miliaran dokumen yang saling terkait di web.
Begitu mesin menemukan halaman ini, mereka menguraikan kode dari halaman web tersebut dan menyimpan potongan-potongan yang dipilih dalam database besar, untuk diingat nanti bila diperlukan untuk kueri penelusuran.
Untuk melakukan tugas monumental dengan menyimpan miliaran halaman yang dapat diakses dalam sepersekian detik, Google telah membangun pusat data di seluruh dunia.
Fasilitas penyimpanan yang mengerikan ini membuat ribuan mesin memproses sejumlah besar informasi dengan sangat cepat.
Ketika seseorang melakukan pencarian di salah satu mesin utama, mereka menuntut hasil secara instan; Bahkan penundaan satu atau dua detik pun bisa menimbulkan ketidakpuasan, sehingga mesin bekerja keras untuk memberikan jawaban secepat mungkin.
Algoritma mesin pencari mempertimbangkan relevansi dan popularitas konten (antar puluhan variabel lainnya).
Bagaimana mesin pencari menentukan relevansi dan popularitas?
Bagi mesin pencari, relevansi tidak lagi ditentukan hanya oleh kata-kata yang tepat. Hal ini berbeda dengan beberapa tahun lalu dimana hasil pencarian masih terbatas.
Saat ini ratusan faktor mempengaruhi relevansi yang lebih cocok dengan query pencarian. Mesin pencari menganggap bahwa situs, halaman, atau dokumen yang paling populer, memiliki informasi paling berharga yang layak disajikan kepada pengguna internet. Asumsi ini terbukti cukup berhasil dalam hal kepuasan pengguna berdasarkan hasil pencarian.
Berdasarkan faktor-faktor tersebut mesin pencari menilai dan memberi peringkat setiap halaman dan menyajikan hasilnya dalam bentuk sebuah daftar, posisi pertama di halaman hasil pencarian menjadi paling populer lebih tepatnya peringkat satu atau yang terbaik.
Pengguna percaya akan kecerdasan mesin pencari, mereka yakin pada hasil yang disajikan dan merasa beruntung jika mengklik link pada posisi paling atas ketimbang link pada posisi paling bawah di halaman pertama hasil pencarian.
Berbeda halnya dengan kita, berada di sisi lain sebagai penulis, blogger atau manajer sebuah situs, ini merupakan suatu ketakutan besar berada di posisi buncit mesin pencari, dan merupakan suatu tantangan besar untuk di atasi.
Produk atau bisnis yang dicari lewat search engine dan muncul dalam urutan pertama halaman hasil pencarian akan terkesan lebih bagus dan meningkatkan kepercayaan besar calon pembelinya.
Di era online marketing yang semakin ramai saat ini, optimisasi mesin pencari adalah teknik marketing online penting yang wajib diterapkan.
SEO berperan besar mempengaruhi proses peningkatan rangking situs (pagerank) di mesin pencari.
Penerapan SEO yang baik dan benar akan memperbaiki peringkat situs web/blog di mesin pencari di berbagai istilah pencarian (topik) yang di pilih.
Yang paling penting adalah website yang muncul dalam urutan pertama halaman satu pencarian akan mendapat klik lebih banyak yang berarti pula peningkatan trafik luar biasa pada web/blog Anda.
Indikasi ini menunjukkan betapa pentingnya penerapan SEO pada sebuah website.
Kesimpulannya apapun bisnis dan produk akan terlihat besar bila muncul di halaman satu mesin pencari. Sebaliknya produk atau bisnis lain yang terlihat besar dari segi aset akan terlihat begitu kecil karena tenggelam entah di urutan berapa.
Namun menerapkan SEO cara-cara yang melanggar TOS Google akan menyebabkan situs web/blog dianggap spam, akibatnya situs Anda dihapus dari index database mesin pencari Google dan lenyap di halaman hasil pencarian.
Apa keuntungan menerapkan pada situs web atau blog yang Anda kelola? Keuntungan menerapka SEO adalah sebagaimana poin-poin berikut ini:
Walau blog Anda memiliki banyak konten berkualitas, jika tidak pernah dikunjungi siapapun maka hal tersebut akan sia-sia. Dengan SEO hal ini dapat diatasi…
Mengapa demikian? ini alasannya..
Meraka yang datang melalui mesin pencari merupakan pengunjung yang mencari informasi paling relevan dengan situs web bisnis Anda. Pengunjung ini memiliki peluang 80% mendatangkan keuntungan bagi Anda.
Bayangkan jika setiap hari minimal ada penambahan 50 orang baru paling berkualitas mengunjungi situs/blog Anda… tentu dalam setahun Anda sudah mendapatkan ribuan orang yang sudah mengunjungi blog/situs Anda.
Dengan sendirinya blog Anda jadi terkenal dan berpeluang besar untuk sukses.
Hal ini akan sangat mudah untuk melakukan promosi produk atau bisnis yang ingin Anda pasarkan. Anda tidak perlu mencari pelanggan… pelangganlah yang mencari Anda.
Dengan situs/blog yang sudah dikenal luas, produk dapat dipromosikan secara on-line, berdasarkan pasar tetarget dan belum terjamah. Baik dari segi area, minat, kebutuhan pelanggan, bahasa negara dan lain-lain.
Dengan SEO membantu mengangkat citra dari Brand Bisnis Anda di mata konsumen. Walau bisnis baru sekelas UKM, namun kehadirannya di halaman pertaman halaman hasil pencarian akan menambah kredibilitas Anda. Produk Anda dinilai lebih kompeten untuk digunakan.
Internet adalah media paling murah dan pembuatan blog hingga saat ini masih gratis. Dengan bermodalkan kecerdikan dan ketekunan untuk meningkatkan SEO situs web/blog.
Anda bahkan tidak membutuhkan biaya sama sekali. Anda akan memperoleh promosi gratis dari mesin pencari dengan cuma-cuma.
Inilah alasannya mengapa harus menerapkan SEO pada situs Anda sekarang juga.
Mengapa Harus Google?
Diantara mesin pencari terkemuka Google merupakan Search Engine paling terkenal di dunia. Google memiliki tarket pengguna paling banyak ketimbang Bing dan mesin pencari lainnya.
Setiap pengguna yang ingin mencari sesuatu mulai dari tips kesehatan, review bisnis hingga membeli suatu produk menggunakan Google sebagai referensi.
Google telah berjasa besar membuat banyak pengusaha sukses menjalankan bisnis mereka. Google juga telah membuat tidak sedikit orang memiliki penghidupan di atas rata-rata dan memiliki gaya hidup. Kebanyakan mereka yang sukses lewat Google tidak membutuhkan modal finansial yang besar.
Dengan modal keuangan relatif sedikit, kecerdikan dan ketekunan serta kemampuan untuk selalu dekat dengan pasar membuatnya sukses memanfaatkan Google.
Sangat disarankan untuk pemilik bisnis agar menempatkan Google sebagai prioritas utama dalam optimasi SEO pada situs web atau blog mereka.
Google diyakini dapat menaikkan brand dan membuat produk atau bisnis Anda lebih cepat dikenal dan tentunya akan meningkatkan penjualan.
Bagaimana Cara Kerja Search Engine Google ?
Secara garis besar bisa di ambil kesimpulan bahwa Mesin Pencari Google telah melakukan yang terbaik untuk memuaskan para selancar dunia maya agar menemukan hasil dari apa yang dia inginkan, sekarang kita akan membahas bagaimana cara google memberikan hasil yang relevan untuk itu kita harus memahami Algoritma Google.
Bagaimana Algoritma Google untuk menghasilkan yang terbaik ?
Setelah google mengetahui apa yang anda mau ketika itu pula google akan berusaha keras dengan menampilkan hasil yang paling Relevan untuk di tampilkan di halaman depan hasil pencarian, berdasarkan halaman yang terindeks dalam database google.
Bagaimana Cara Kerja Google untuk memilih halaman yang relevan ?
Semua itu terjadi hanya dengan hitungan detik, dan google selalu memperbaiki dan terus memilih halaman yang relevan untuk ditampilkan di hasil pencarian google, sehingga hal ini tidak bersifat baku sehingga hasil pencarian dapat berubah setiap waktu dengan hasil yang lebih relevan.
ada beberapa hal yang terkadang membuat google harus menguras keringat adalah menghindari bentuk spam dari beberapa halaman yang mencoba untuk memanipulasi Search Engine Optimization sehingga terkadang halaman yang tidak relevan tampil di hasil pencarian, maka itu google lebih fokus melakukan penghindaran bentuk SPAM dan akan menghapus dari database google, ketika ini terjadi berulang-ulang kali pada website / blog maka dengan terpaksa google memblokir seluruh halaman website / blog dari hasil pencarian.
Penulis: Ikhwan Zubir
Sumber: http://www.seoblog.id/2017/05/apa-itu-seo-dan-bagaimana-cara-kerja-seo.html
https://tribox.co.id/5-manfaat-seo-untuk-website/