5 Alasan Website Mobile Friendly Itu Penting

Apa Itu Website Mobile-friendly?

Website mobile friendly adalah website yang dioptimasi untuk perangkat mobile. Sebagian orang mengenal website jenis ini dengan nama website responsive, merujuk pada kemampuannya untuk ‘beradaptasi’ pada berbagai macam ukuran layar perangkat berbeda. Ukuran, layout, serta konten website Anda dapat secara otomatis menyesuaikan perangkat yang digunakan pengunjung untuk mengakses. Meskipun menjadi tren dalam beberapa tahun belakangan, belum banyak pelaku usaha di Indonesia yang memanfaatkan website mobile-friendly dengan baik. Padahal jika dioptimasi dengan baik, Anda berpeluang meraih banyak keuntungan dari sini. Berikut ini adalah 5 alasan kenapa website mobile friendly itu penting.

5 Alasan Website Mobile Friendly Itu Penting

 

1. Hampir Semua Beralih Ke Mobile

Mobile adalah tren paling hangat saat ini. Sekitar 80% pengguna internet di seluruh dunia telah menggunakan perangkat mobile, baik itu smartphone maupun tablet. Angka ini setara dengan 1,2 miliar orang dan jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Tanpa website mobile friendly yang dioptimasi dengan baik, Anda tidak mungkin berhasil merambah segmen mobile ini.

 

2. Lebih dari Setengah Jumlah Website yang Ada Diakses Melalui Perangkat Mobile

StatCounter, perusahaan riset yang mendata penggunaan internet di lebih dari 2,5 juta website, menyatakan bahwa 51,26% halaman website diakses melalui perangkat mobile pada periode Oktober 2016. Jumlah akses melalui mobile ini melampaui raihan desktop untuk kali pertama dalam sejarah. Perangkat mobile memang sangat populer dalam beberapa tahun belakangan. Adanya koneksi internet ekstra cepat ditambah pemakaian yang mudah menjadikan smartphone dan tablet satu-satunya ‘komputer’ bagi banyak orang.

 

3. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan dan Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Dengan semakin banyaknya pengguna perangkat mobile yang mengakses website menggunakan perangkat mobile mereka, artinya semakin besar pula komoditas di dalamnya. Sehingga jika sebuah website telah memiliki aspek mobile friendly, sebuah bisnis berpeluang  menjangkau lebih banyak pelanggan. Selain itu, website dengan mobile friendly juga akan meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis, karena bagaimanapun aspek mobile friendly menjadi suatu hal yang wajib untuk era sekarang. Akan menjadi hal yang aneh untuk sekarang, jika suatu website belum memiliki aspek mobile friendly, yang tentunya hal itu akan menurunkan kredibilitas bisnis di mata masyarakat.

 

4. Google Lebih Menyukai Website Mobile-Friendly

dunia internet sempat digegerkan dengan update algoritma Google ini. Peristiwa ini sering disebut mobilegeddon, merujuk pada hari kiamat bagi website yang belum berorientasi mobile. Pasalnya, website yang belum mobile friendly lah yang jadi korban utama karena tidak bisa menduduki peringkat atas hasil pencarian Google.

Mengingat sebagian besar traffic ke website bisa Anda dapatkan dari mesin pencari Google, tidak ditampilkannya website Anda di sana tentu dapat menjadi kerugian besar bagi bisnis Anda di internet. Salah-salah, website Anda malah tidak ditampilkan sama sekali hanya karena belum mobile friendly

 

5. Website Mobile Friendly Mempengaruhi SEO

Sejak tahun 2015, Google telah merilis pembaruan algoritma terhadap hasil pencarian mereka. Dengan algoritma ini, website yang mobile friendly akan lebih diprioritaskan oleh Google. Sehingga website kamu akan memiliki peringkat lebih tinggi pada mesin pencarian dibandingkan yang tidak mobile friendly. Hal ini juga akan sangat mempengaruhi website kamu, lho! Jika tidak segera membuat website mobile friendly maka website kamu tidak akan muncul pada halaman pertama mesin pencarian atau bahkan tidak akan pernah dilihat oleh siapapun. Dan traffic website akan turun dengan drastis.

Ingin punya website yang mobile friendly? Segera hubungi ke sini atau cek Website kami