5 Kesalahan Yang Wajib Dihindari Ketika Membuat Website
Oktober 24, 2022Perbedaan SEM & SEO
Oktober 25, 2022Pengertian Landing Page
Dalam pemasaran online, landing page disebut juga halaman arahan. Kadang-kadang dikenal juga sebagai “halaman pengambilan prospek”, “halaman properti tunggal”, “halaman statis”, atau “halaman tujuan”.
Landing page adalah halaman web tunggal yang muncul sebagai respons terhadap klik pada pencarian hasil pencarian yang dioptimalkan mesin (SEO), promosi pemasaran, email pemasaran, atau iklan online.
Halaman website ini sengaja didesain sedemikian rupa untuk meningkatkan penjualan (sales) atau mengumpulkan leads bagi bisnis.
Jadi, ketika membuat iklan PPC, backlinking, mengirim promosi melalui email marketing, atau posting di media sosial, Anda mengarahkan target audiens menuju halaman website tersebut (landing page).
Tautan (link) yang dibuat berisi URL landing page yang berdiri sendiri. Ia menjadi halaman pertama yang dituju pengunjung dari pihak ketiga (iklan PPC, media sosial, email marketing, dll).
Jenis-Jenis Landing Page
Landing page dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:
1. Lead-generation Landing Page
Jenis landing page ini digunakan untuk mengumpulkan data para pelanggan. Seperti nama, alamat email, atau nomor telepon yang dapat digunakan untuk menghubungi calon pelanggan.Data yang diperoleh kemudian digunakan perusahaan untukmeningkatkan hubungan dengan pelanggan dengan cara mengirimkan berbagai informasi, seperti berita, promo, artikel, atau konten lainnya kepada pelanggan.
2. Click-through Page
click-through page ditunjukkan dengan sebuah tombol untuk pelanggan pilih. Misalnya, tombol dengan perintah “Pilih Sekarang”. “Beli Sekarang”, atau “Shop Now Nenis landing page yang satu ini sering digunakan oleh e-commerce atau model marketing B2C. Jadi, halaman ini berisi informasi yang bertujuan untuk memberi tahu pengunjung tentang penawaran dan mendorong Call-to Action. Biasanya memiliki gambar dan copy yang berfokus pada manfaat produk atau layanan.
3. Lead Capture Landing Page
Landing page ini biasanya meminta pengunjung untuk memasukkan alamat email pada form yang telah disediakan. Selain memberikan penawaran, halaman ini juga berfungsi untuk mengumpulkan daftar email pelanggan. Jadi, destination page jenis ini sering kali menawarkan barang promosi gratis (seperti kode diskon, buletin, dan lain-lain.) sebagai imbalan untuk melengkapi kontak.
4. Advetorial Landing Page
Landing page ini merupakan halaman yang berupa iklan, tetapi bergaya jurnalistik objektif. Misalnya, artikel yang berisi manfaat produk tertentu berdasarkan hasil penelitian. Dengan begitu, audiens akan lebih percaya sehingga kemungkinan untuk membeli menjadi lebih besar.
5. Product Detail Landing Page
Jenis destination page ini berisi deskripsi produk dengan jelas. Mulai dari spesifikasi, jenis, harga, dan informasi lain terkait produk.