Beberapa vendor smartphone Negeri Tirai Bambu diketahui sedang merencanakan strategi untuk mendorong volume pengapalan produknya lebih luas ke luar China.
Xiaomi misalnya, menaruh perhatian khusus bagi pasar India, meskipun pasar negara berkembang lainnya juga menjadi target utama mereka. Mereka menargetkan peningkatan volume pengapalan produknya di angka 125 juta hingga 150 juta.
Sementara ini, Xiaomi disibukkan dengan pengembangan jajaran produk premiumnya, demi meningkatkan citra Xiaomi secara keseluruhan.
Oppo dan Vivo yang bernaung di BBK Electronics, sempat mengalami penurunan pengapalan tahun lalu, bersama dengan vendor lainnya yang juga dilaporkan mengalami penurunan.
Pada sisa tahun 2018, kedua pabrikan tersebut akan menerapkan strategi produk yang “ramah kantong” dengan penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) di smartphone mereka, seperti beberapa lini baru yang saat ini mulai dipasarkan.
Sedangkan Huawei, percaya diri dengan target mengungguli vendor smartphone asal Amerika Serikat (AS), Apple dengan menargetkan pengapalan 200 juta smartphone selama tahun 2018.
Dihimpun dari Phone Arena, Sabtu (7/4/2018), lini anyar Huawei P20 yang fokus pada teknologi AI dan fotografi, diharapkan menjadi produk andalan untuk menarik konsumen baru.
Target Huawei sepertinya sedikit terganjal di awal tahun 2018. Kehadirannya di kandang Apple, Amerika Serikat, justru dipinggirkan oleh pemerintah setempat awal tahun ini.
Bahkan ketika flagship Huawei Mate 10 Pro meluncur di AS, mitra operator AT&T undur diri dari kerja sama dengan Huawei di menit-menit akhir. Pengunduran diri AT&T tersebut ditengarai akibat tekanan politis.
Tetapi, tanpa konsumen Amerika pun, Huawei tetap mantap dengan target pengapalannya. Jika strategi tiga vendor China tersebut berlajan lancar, tak ayal jika mereka mampu melebarkan sayap lebih luas, keluar dari “tembok besar” China
Sumber: Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Tersedia pada: https://tekno.kompas.com/read/2018/04/07/17360327/upaya-4-vendor-ponsel-china-kuasai-pasar-dunia.