Home » bussines tips » 5 Alasan Social Media Management Sangat Penting
Media sosial sekarang punya pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari, termasuk untuk bisnis. Lewat social media management, bisnis bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan mereka. Selain itu, interaksi ini memberikan banyak keuntungan, seperti menemukan insight penting tentang pembeli, menangani komplain dengan cepat, dan membangun value proposition yang kuat.
Dunia media sosial terus berubah dengan cepat. Algoritma dan tren terus berkembang, dan seorang social media manager harus bisa mengikuti serta mengadaptasi strategi dan konten berdasarkan perubahan tersebut. Profesi ini juga menuntut untuk selalu terbuka terhadap tren baru dan platform yang muncul.
Membangun interaksi atau engagement dengan audiens adalah hal wajib di media sosial. Ini membantu membangun hubungan dua arah antara brand dengan audiens. Oleh karena itu, social media manager terus memonitor akun media sosial untuk membangun image dan mendapatkan insight penting.
Social media manager harus memantau pesan, komentar, atau review baru yang muncul terkait brand. Mereka juga bertindak sebagai representasi brand di media sosial. Ini penting untuk mengatasi masalah yang diangkat oleh pengguna sambil “memanusiakan” brand.
Menumbuhkan audiens di media sosial membuat suara brand terdengar lebih kencang di ranah digital. Data menunjukkan bahwa 51% orang membuat keputusan pembelian mereka dipengaruhi oleh media sosial, dan 29% orang membeli barang pada hari yang sama mereka melihatnya di media sosial.
Social media manager meningkatkan kampanye pemasaran agar lebih efektif. Mereka harus bisa fleksibel dan siap mengganti strategi jika hasilnya tidak memuaskan. Oleh sebab itu, penting untuk rutin mengecek performa kampanye bisa memberikan hasil yang diinginkan.
Ternyata, ada banyak pilihan karier menarik di bidang ini. Berikut beberapa di antaranya:
Membangun hubungan antara brand dengan audiens melalui berbagai kanal, termasuk forum, newsletter, hingga event offline.
Fokus pada aspek marketing secara umum dari sebuah brand, bukan hanya social media marketing.
Menggabungkan kreativitas dan analisis untuk memproduksi konten pemasaran yang efektif.
Buat yang punya minat dan skill dalam konten visual, seperti graphic designer atau art director.
Mengelola brand dengan saran profesional setelah memiliki banyak pengalaman di dunia media sosial.
Menganalisis data dan melakukan riset pasar berdasarkan komunikasi dengan pelanggan atau komunitas.
Karier sebagai social media manager itu menantang dan seru. Peluangnya juga sangat menjanjikan di era digital ini. Untuk mengembangkan skill, kamu butuh lebih dari sekadar teori; kamu butuh pengalaman langsung dan bimbingan dari para ahli di bidangnya. Itulah kenapa Blue Creative hadir untuk membantu kamu!
Jangan biarkan peluang emas ini berlalu begitu saja. Tingkatkan keterampilan kamu dan bawa karier kamu ke level berikutnya bersama Blue Creative. Klik tombol di bawah ini untuk memulai perjalanan kamu menjadi social media manager andal!
Hubungi Blue Creative Sekarang
Dengan Blue Creative, kamu tidak hanya belajar, tetapi juga bertransformasi menjadi ahli yang siap menghadapi tantangan media sosial di era digital ini!