Cara Menggunakan Google Analytics Untuk Bisnis

Apa Itu Google Analytics?

Google Analytics adalah layanan analisis web yang ditawarkan oleh Google yang mampu melacak dan menganalisis traffic situs web Anda. Google Analytics menawarkan cara mudah dan gratis untuk melacak dan menganalisis pengunjung di situs web Anda. Selain itu, Anda juga bisa memiliki ribuan atau bahkan jutaan pengunjung setiap bulan. Dengan fitur analisis dan pelaporan web yang canggih, Google Analytics dapat membantu Anda memaksimalkan pengunjung dan berpotensi mengubah mereka menjadi pelanggan.

 

Cara Menggunakan Google Analytics Untuk Web Bisnis

 

1. Memantau Data Pengunjung Real Time

Dalam menu Realtime > Overview, Anda bisa mengecek metrik realtime web. Ketika Anda yang membuka web, aplikasi, atau device Anda di saat itu, data yang terekam bisa langsung diakses.

Dalam halaman Overview, ada beberapa data yang akan nampak:

  • Jumlah user yang membuka web secara realtime.
  • Pembagian user berdasarkan device yang digunakan untuk akses web (dekstop vs. mobile).
  • Pageview per menit.
  • Pageview per detik.
  • Top referral
  • Top social traffic
  • Top keywords
  • Top active pages
  • Top locations

2. Demografi Audiens

Siapa yang mengunjungi website Anda? Dari mana saja mereka berasal? Topik bahasan apa yang mereka minati? Itu semua bisa diketahui dengan Google Analytics. Bahkan, dibandingkan empat menu utama lainnya, bagian Audience memberikan Insight yang sangat lengkap.

 

3. Perilaku Pengunjung

Lewat Audience > Behaviour, Anda bisa tahu bagaimana sebetulnya audiens merespon setiap halaman di website. Di sini, Anda bisa mendeteksi jumlah pengunjung unik atau audiens yang baru pertama kali mengunjungi web. Di samping itu, Anda juga bisa tahu berapa banyak pengunjung setia Anda.Bukan cuma angka mentah saja yang bisa diketahui, terdapat keterangan lebih lengkap tentang bounce rate, jumlah halaman per sesi, dan durasi rata-rata per sesi.

 

4. Frekuensi Dan Ketertarikan

Google akan merekam setiap kali audiens mengunjungi web Anda. Katakanlah, seorang pengunjung membuka web Anda empat kali dalam seminggu. Google akan memisahkan setiap sesinya dan menghitungnya secara terpisah. Setiap sesi itu diberi nama “sesi pertama”, “sesi kedua”, “sesi ketiga”, dan seterusnya.

 

5. Semua Traffic

Untuk mencari tahu semua traffic, Anda bisa klik menu Acquisition > All Traffic. Di bawah All Traffic masih ada pilihan ChannelTreemapsSource/Medium, dan Refferals. Keempat opsi tersebut bisa Anda gunakan untuk melihat secara detail traffic web. Misalnya, di bagian Channel atau Saluran, Anda bisa lihat Channel Marketing apa saja yang menyumbang kunjungan ke web.

 

6. Kecepatan Website

Selain Google Page Speed Insight dan tools lain, Anda bisa sekalian mengecek kecepatan website lewat Google Analytics. Untuk itu, cukup klik Behaviour > Site Speed. Jika Anda menginginkan tampilan sederhana, Anda bisa pilih menu Overview atau Ringkasan. Berikut beberapa data yang ditampilkan di halaman ringkasan:

  • Waktu muat halaman rata-rata;
  • Waktu pengalihan rata-rata;
  • Waktu pemata data rata-rata;
  • Waktu sambungan server rata-rata;
  • Waktu download halaman rata-rata;
  • Kecepatan situs berdasarkan browser, negara, dan halaman.

 

Itulah fitur yang disediakan Google Analytics, ingin buat website untuk bisnis mu? Segera hubungi ke sini atau cek Website kami