Perbedaan SEM & SEO

SEO dan SEM merupakan dua hal yang tidak bisa dilepaskan dalam digital marketing. keduanya saling berkaitan. Baiki SEO maupun SEM merupakan salah satu tools yang dapat mengefektifkan kegiatan digital marketing Anda. Perbedaan antara SEO dan SEM pun di kalangan digital marketer masih menjadi sesuatu yang diperdebatkan. Lalu, apa yang menjadi pembeda kedua tools tersebut?

Search Engine Marketing VS Search Engine Optimization

Search Engine Marketing merupakan suatu bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website tersebut di halaman hasil pencarian mesin telusur seperti Google (SERP).

SEM mencakup teknik SEO dan juga beberapa teknik marketing lainnya. Selain mengoptimalkan untuk mesin telusur, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponen utamanya. Beberapa contohnya seperti daftar bayar per klik atau Pay Per Click (PPC) dan iklan semacam Google Ads. Jadi sebagian besar berbentuk kampanye (iklan) dan kegiatan PPC. Jika Anda melakukan SEO, maka hal tersebut juga termasuk upaya SEM.

Search Engine Optimization diartikan sebagai suatu proses optimasi terhadap website dengan segala aspeknya seperti konten, sistem, dan lainnya. Tujuannya adalah supaya dapat menduduki peringkat tinggi di mesin telusur seperti Google. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung atau traffic yang tinggi pada website dan lebih banyak calon pelanggan potensial, maka SEO merupakan salah satu cara yang penting untuk dilakukan.

Sebenarnya, SEO adalah komponen dari kategori yang lebih besar yaitu SEM. Hukum dan aturan tidak tertulis pada SEO memang terus berubah mengikuti perubahan algoritma mesin telusur secara terus menerus.

Dengan kata lain, pada dasarnya SEO dan SEM tidak memiliki perbedaan yang mendasar, Jika SEO hanya mengandalkan keywords agar website Anda dapat dijangkau oleh pengguna mesin pencari, maka SEM bertugas untuk memaksimalkan kinerja SEO.

 

Kelebihan Penggunaan SEM

Dijangkau Oleh Banyak Audiens

Tidak ada yang meragukan keterjangkauan search engine yang begitu luas. Setiap informasi yang diunggah benar-benar mampu dilihat oleh audiens hampir di seluruh dunia. Google, search engine terpopuler, saat ini mampu menyebarkan info dari 1,9 miliar situs website dengan 400 juta pencarian per hari oleh lebih dari 90,4% pengguna internet dunia.

Informasi pemasaran Anda tentu tidak mencapai angka sebanyak ini. Namun Anda bisa memperkirakan betapa banyak orang yang mungkin Anda jangkau. Semakin Anda terlihat oleh audiens, semakin banyak peluang untuk mendapatkan konsumen baru. Dan SEM mempunyai layanan ini untuk Anda.

Mempunyai Pilihan Target Sesuai yang Diinginkan

Keunggulan SEM lain yang bisa Anda dapatkan adalah bisa ditargetkan. Pemasaran dengan search engine memberi keleluasaan pada Anda untuk memilih target yang sangat spesifik melalui kata kunci dan frasa yang relevan. Selain itu Google Adwords memungkinkan Anda menargetkan berdasarkan perangkat, lokasi, waktu, dan bahasa tertentu.

Dengan demikian, setiap klik yang didapatkan dari website Anda berasal dari audiens yang memang menyukai serta membutuhkan produk Anda dan sangat berpotensi menjadi konsumen.

Meningkatkan Lalu Lintas Kunjungan Website

SEM membuat website pemasaran Anda berada pada urutan teratas di mesin pencarian. Keterjangkauan dari penglihatan audiens ini akan meningkatkan peluang website Anda dibuka dan konten Anda dinikmati.

Dapat Mengontrol Budget

Search engine marketing mengadopsi sistem pay per click (PPC) yakni Anda hanya membayar konten yang benar-benar mendapat klik dari audiens. Dengan sistem ini Anda bisa menggunakan biaya pemasaran dengan lebih bijak dan tentu lebih efisien.

Sistem ini membuat SEM lebih murah dibandingkan iklan tradisional di televisi, radio, koran dan majalah serta lebih tepat sasaran.

Efektivitas Diukur dengan Jelas dan Mudah

Ketika Anda memutuskan melakukan pemasaran dengan teknologi, akan ada data yang diberikan untuk memudahkan Anda mengukur  kinerja. Begitupun ketika Anda melakukan pemasaran menggunakan mesin pencari. Data-data ini nantinya dapat disesuaikan dengan tujuan pemasaran Anda untuk mengetahui apakah konten tersebut bekerja secara efektif atau tidak.

Anda juga dapat melacak ROI sehingga diketahui dimana seharusnya Anda meletakkan sebagian besar anggaran untuk meningkatkan penjualan.

Memberi Kesempatan Melakukan Pengujian

Tentunya Anda tidak mengetahui apakah nantinya konten promosi yang dibuat akan berhasil atau tidak. Namun tidak perlu khawatir, karena dalam metode ini Anda dapat menguji materi iklan Anda satu sama lain untuk membandingkan hasil.

Pengujian ini akan memberi Anda kesempatan untuk menyempurnakan konten promosi Anda dan membuatnya bekerja seefektif mungkin.

 

Kekurangan Penggunaan SEM

Kompetitif

Mesin pencari berisi milyaran informasi termasuk informasi yang sama seperti yang ingin Anda berikan. Apalagi jika kata kunci yang digunakan cukup populer. Maka bersiaplah dengan persaingan yang tinggi untuk mendapatkan tempat teratas. Hal ini sebenarnya bisa diupayakan. Namun butuh biaya lebih besar agar upaya pemasaran Anda berdampak pada audiens.

Membutuhkan Waktu Lebih

Dibutuhkan lebih banyak waktu daripada yang Anda sadari untuk meneliti kata kunci yang benar-benar ampuh. Selain itu perangkat dan aplikasi yang digunakan memiliki begitu banyak fitur sehingga perlu waktu untuk mempelajarinya.

Ditambah lagi metode ini mengharuskan Anda untuk memantau dan memperbaharui materi konten Anda secara konstan. Padahal diperlukan waktu untuk mengetahui kombinasi teks promosi, meninjau hasil dan menguji materi tersebut untuk mempertahankan hasil terbaik.

Algoritma Berubah

Perubahan algoritma menjadi tantangan yang kerap ditemui ketika mengaplikasikan metode SEM. Seperti yang diketahui Google mengubah algoritma hingga 600 kali pertahun. Sebagian besar perubahan tersebut berskala kecil sehingga tidak disadari.

Dibutuhkan banyak usaha untuk mengikutinya, karena perubahan-perubahan tersebut berpengaruh pada pemasaran Anda dan bisa jadi tidak cocok.

Minim Konten Visual

Audiens saat ini cenderung menyukai konten yang berisi gambar dan video. Sementara itu untuk iklan menggunakan SEM masih jarang ditemukan visual seperti ini. Untuk Anda yang pemasarannya sangat membutuhkan konten visual, mungkin bisa berpikir lagi untuk menggunakan metode ini karena bisa jadi kurang relevan.

Konten yang Dihindari

Audiens juga cenderung menghindari iklan. Apabila mereka mengetahui bahwa artikel, caption, foto, video atau audio Anda merupakan sebuah iklan, ada banyak yang berusaha keluar dari lam an tersebut. Atau memang audiens tersebut sedang mencari hasil tertentu dan tidak ingin diganggu oleh iklan.

Sementara itu, jika Anda menggunakan metode pemasaran dengan mesin pencari, secara otomatis kotak hijau bertanda “AD” akan tersemat padanya. Ini yang membuat konten pemasaran melalui mesin pencari kerap dihindari.

Visibilitas Tidak Bertahan Lama

Salah satu manfaat dari SEM adalah konten Anda akan segera tampil dan berada di baris atas pencarian. Namun hal tersebut akan segera menghilang jika Anda berhenti membayar.

Celah Pemborosan Biaya

Kekurangan ini berhubungan dengan poin sebelumnya. Anda mungkin dapat menghemat dengan membayar berdasarkan klik yang diterima. Akan tetapi, ini juga yang menjadi celah untuk pemborosan biaya.

Anda akan ditagih setiap kali audiens memutuskan untuk mengklik website  tersebut. Hal ini sebenarnya bisa dihentikan. Namun ketika Anda berhenti membayar, brand Anda pun akan menghilang.

Dengan mengetahui poin-poin di atas, diharapkan Anda dapat mengetahui apakah SEM adalah metode terbaik untuk bisnis Anda. Namun untuk pengelolaan keuangan bisnis terbaik tetap Jurnal pilihannya.

Kelebihan Penggunaan SEO

Organik Alias Bukan Iklan Berbayar

Ini artinya pengunjung website sangat membutuhkan produk atau informasi yang diberikan dalam website. Nantinya, para pengunjung yang akan datang ke website bukan karena terpengaruh oleh iklan. Pengunjung akan menemukan website anda jika website anda memang jawaban dari permasalahan yang tengah dihadapi.

Oleh karena itu, konten yang panjang dan berkualitas akan menjadi penentu keberhasilan SEO. Jika anda bisa memahami kebutuhan para pelanggan maka anda bisa berhasil dalam menjalankan strategi SEO tersebut.

Meningkatkan Rujukan yang Menuju Situs Website

Nantinya, anda bisa mendapatkan banyak rujukan pencarian yang diberikan oleh mesin pencari ketika website anda memiliki visibilitas SEO yang sangat kuat. Hal ini pun bisa anda lihat dari keyword yang tertarget, kualitas konten sampai dengan panjang konten yang bisa memberikan banyak manfaat bagi pengunjung.

SEO Gratis, Tidak Perlu Bayar

Kelebihan lain dari SEO adalah anda tidak perlu membayar mahal-mahal seperti jasa Google Ads. Ketika anda ingin menjalankan SEO maka anda tidak perlu mengeluarkan budget seperti ketika anda menggunakan iklan Google maupun media sosial.

Namun hasil dari kerja SEO ini tidak bisa instan. Anda membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga membutuhkan kesabaran ekstra. Harus diingat bahwa SEO adalah cara organik untuk menarik lebih banyak pengunjung dengan kekuatan konten serta SEO.

Mendapatkan Pengunjung yang Tertarget

Dengan bantuan keyword ketika membuat konten yang SEO friendly  maka pengunjung yang datang nantinya adalah pengunjung yang memang tertarget. Para pengunjung ingin kemungkinan besar bisa dikonversi menjadi pelanggan atau calon klien anda berikutnya.

Meningkatkan Visibilitas Website

Website tersebut bisa mendapatkan visibilitas yang jauh lebih tinggi dengan SEO dengan gratis. Oleh karena itu, strategi SEO memang sangat tepat digunakan untuk website yang memiliki tujuan bisnis. Sebagai pemilik website, anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dan pengunjung yang juga semakin banyak.

Bisa Memantau Traffic Visitor 

Jika anda menggunakan strategi SEO website, anda bisa melihat serta memantau perkembangan traffic pengunjung setiap hari dengan jauh lebih mudah.

Website Lebih Dikenal

Kelebiihan SEO lainnya yaitu membuat website milik anda menjadi lebih dikenal oleh masyarakat atau pengunjung. Website yang telah dioptimasi dengan teknik SEO akan membuat website tersebut bisa dikenali oleh pengunjung dengan lebih mudah.

Banyak Software Pendukung

Banyak sekali software pendukung yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan SEO mengingat setiap tahapan untuk optimasi website memang rumit. Meskipun banyak sekali software pendukung yang bisa anda gunakan namun anda tetap harus melewati berbagai tingkat kesulitan yang membutuhkan banyak waktu.

 

Kekurangan Penggunaan SEO

Selain memiliki keuntungan seperti yang telah dijelaskan di atas, SEO ternyata juga memiliki kekurangan apalagi untuk bisnis. Berikut ini kekurangan dari strategi SEO.

Hasil Tidak Instan

Agar hasil website bisa terindeks dengan baik oleh Google maka hal tersebut tidak bisa didapatkan dengan cara yang instan karena membutuhkan waktu yang cukup lama. Waktu yang dibutuhkan bisa mencapai beberapa hari hingga beberapa minggu agar hasilnya pun bisa terlihat.

Dibutuhkan Investasi Tenaga & Waktu

Banyak sekali langkah serta tahap yang harus dilakukan agar SEO yang ditampilkan bisa berkualitas dan memberikan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, banyak pemilik website yang menggunakan jasa SEO agar websitenya bisa diindeks dengan baik oleh mesin pencarian.

Kompetitif

Persaingan dalam dunia SEO sangatlah ketat. Banyak sekali website yang ingin menempati posisi teratas dalam mesin pencarian. Ada banyak jenis SEO yang membidik target lokal, nasional serta internasional.

Jika persaingan kata kunci tertentu sangat tinggi maka semakin sulit untuk diindeks oleh mesin pencarian seperti Google.

Mengikuti Perkembangan Algoritma dan Sistem Kerja

Dengan menggunakan SEO, itu berarti anda harus selalu mengikuti perkembangan algoritma dan sistem kerja. Ini menjadi hal yang harus dilakukan agar ketika mesin pencarian sedang mengalami perubahan sistem kerja atau algoritma maka anda bisa mengedit website milik anda secepatnya agar tidak sampai bertentangan dengan peraturan search engine tersebut.

Sangat Tergantung Pada Search Engine

Artinya ketika sedang melakukan proses SEO maka semuanya akan sangat tergantung pada sistem kerja, algoritma serta berbagai ketentuan dari search engine tersebut.

Sedangkan mesin pencarian yang kerap menjadi acuan dalam proses SEO adalah Google karena menjadi mesin pencarian yang paling besar dan paling banyak digunakan. Jika terjadi kerusakan pada pusat maka website anda juga bisa rusak jika tidak diselamatkan secepatnya.

Banyak blog dan website yang menerapkan strategi SEO sehingga tidak mengherankan jiika SEO sangat kompetitif. Sebagai pebisnis, anda mungkin tidak punya banyak waktu dan tenaga untuk menerapkan strategi SEO pada website anda. Bukan hanya melakukan strategi tetapi juga melakukan maintenance/pemeliharaan secara terus menerus.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda menggunakan jasa SEO untuk mengoptimasi website bisnis anda.