Walaupun diluar banyak sesuatu yang hype, ada sebuah pergerakan nyata ketika memasuki transformasi digital. Ini memungkinkan organisasi untuk mengembangkan saluran penjualan baru, pasar baru, dan peluang tumbuh secara eksponensial dengan cara yang belum pernah dialami sebelumnya. Menurut CIO Magazine, “Pemimpin digital … menghasilkan margin kotor yang lebih baik serta laba dan laba bersih yang lebih baik daripada organisasi di kuartal digital bawah. Pemimpin memposting margin kotor rata-rata tiga tahun sebesar 55%, dibandingkan dengan hanya 37% untuk yang lamban. ”
Sudahkah Anda memulai proses transformasi perusahaan Anda, atau apakah Anda baru saja mulai mempertimbangkan transformasi digital untuk perusahaan Anda? Terlepas dari sisi koin mana Anda saat ini, untuk sepenuhnya merangkul transformasi digital, perusahaan harus mulai dengan rencana. Kata transformasi itu sendiri menceritakan kisah ulat-ke-kupu-kupu.Diskusi tentang transformasi digital saja merupakan sesuatu yang menakutkan, apalagi proses aktual dari meletakkan rencana bersama dan mengeksekusinya. Saya pikir pemikiran itu melumpuhkan banyak CEO, menuntun mereka untuk bertanya, “Langkah apa yang saya ambil pertama?” Jadi, di mana kita harus memulai proses besarnya perubahan ini?
Berikut adalah tujuh poin untuk membantu transformasi digital Anda menjadi sukses:
- Lebih dekat dengan orang-orang sekitar Anda. Ini termasuk pelanggan, mitra, vendor, staf, dan komunitas Anda. Mereka adalah orang-orang yang membeli dari Anda, yang memberi Anda umpan balik dan ide yang bagus dan membawa inovasi baru untuk hidup. Mereka membantu Anda memberikan nilai kepada pelanggan Anda dan membantu terlibat dengan mereka.
- Temukan pusat kekuatan pengetahuan dan kesenjangan pengetahuan di tim Anda. Taruh rencana di tempat untuk mengisi kekosongan tersebut. Definisikan semua celah sampai Anda lelah di mana lubang harus diisi. Ini mungkin termasuk – tetapi tidak terbatas pada – celah kepemimpinan, kesenjangan pengetahuan teknologi, kesenjangan pengetahuan pasar, kesenjangan pengetahuan pelanggan, penciptaan nilai dan kesenjangan definisi. Buat rencana pelatihan dan pengembangan untuk membantu mengisi kesenjangan pengetahuan ini lebih cepat daripada nanti. Hal ini memungkinkan orang untuk mengeksekusi lebih cepat, menyelaraskan dengan mulus dan menjadi lebih produktif bahkan ketika perusahaan sedang berubah.
- Jangan membuang ‘bayi’ dengan ‘air mandinya’. Ada hal-hal hebat yang berhasil untuk Anda. Nilai dari apa yang bekerja akan datang untuk mendukung rencana transformasi Anda. Identifikasi apa yang berfungsi dengan baik. Teknologi apa yang diimplementasikan yang memiliki kemampuan untuk mengukur dan melakukan lebih banyak untuk Anda jika Anda ingin mengaktifkan lebih banyak fitur atau memanfaatkan kemampuan baru dari layanan atau teknologi saat ini?
- Budaya adalah faktor yang paling penting. Namun, ini adalah bagian yang paling diabaikan dari transformasi apa pun. Sama seperti para pemimpin besar harus berevolusi dan tumbuh (“Apa yang membuat Anda di sini tidak akan membawa Anda ke sana”), demikian pula budaya sejati ini. Transformasi digital akan mengubah siapa Anda, bagaimana Anda bekerja dan dampak yang akan Anda ciptakan untuk pelanggan Anda. Itu juga kemungkinan akan mengubah sifat perusahaan Anda. Definisikan evolusi ‘ulat-ke-kupu-kupu’ Anda. Kamu ingin menjadi siapa? Nilai apa yang akan Anda berikan kepada pelanggan Anda? Apa yang akan diwakili oleh merek Anda di dunia fisik, emosional, dan subliminal baru yang Anda ciptakan ini?
- Kecerdasan buatan (AI) bukanlah black box. Saya belakangan ini diingatkan oleh tim engineering dan mitra developer saya. Dalam upaya kami untuk mendukung kebutuhan perusahaan untuk mengubah bisnis mereka, kami sering ditanya apa aplikasi sederhana atau solusi yang ada untuk mempercepat transformasi digital. Jawabannya adalah mungkin tidak ada solusi sederhana. Dibutuhkan pemahaman untuk memahami tujuan perusahaan Anda, memahami tantangan terbesar Anda untuk diatasi dan peluang yang ingin Anda kejar. Anda dapat memiliki serangkaian tindakan tandem yang membantu mencapai beberapa tonggak jangka pendek saat membuat atau mengembangkan platform yang diperlukan yang akan membantu skala perusahaan. Tetapi membangun baru memang membutuhkan waktu dan transformasi tidak harus cepat. AI dan pembelajaran mesin membutuhkan banyak sekali data training. Jadi bagian dari perencanaan berarti Anda perlu memiliki strategi data, yang membawa saya ke No. 6.
- Data. Inventarisasi aset data Anda sangat penting. Saat Anda melakukan inventarisasi ini, identifikasi jenis data baru yang akan bernilai saat Anda tumbuh. Mengatur data Anda sangat penting. Peran utama di sekitar data yang mungkin ingin Anda pertimbangkan untuk ditambahkan atau dipromosikan dalam perusahaan Anda adalah data translators, data scientists dan data engineers. Peran ini sangat penting saat ini dan akan terus berlanjut di masa depan karena data menjadi lebih berperan dalam pengambilan keputusan secara keseluruhan.
- Jangan pergi sendiri! Identifikasi dan manfaatkan bakat di dalam rumah yang dapat menjadi kekuatan tugas transformasi digital Anda. Mereka dapat membantu membangun rencana, mengidentifikasi celah, aset inventaris, dan bekerja dengan dukungan luar kunci. Identifikasi beberapa mitra eksternal utama yang dapat membantu Anda membangun dan melaksanakan strategi transformatif Anda.
Ini dapat berubah melalui berbagai tahap, atau mereka dapat saling membangun. Misalnya, Anda mungkin memiliki tim yang mengevaluasi ekosistem mitra baru yang diperlukan untuk mendukung agenda pasca-transformasi Anda. Sumber daya eksternal ini (asalkan mereka memiliki bakat dan sumber daya) juga dapat memberikan dukungan dengan negosiasi, strategi mitra, mitra onboarding, mendefinisikan solusi baru dan membangun model pendapatan dan model bisnis dari satu atau semua mitra baru, yang semuanya akan mempercepat Anda eksekusi sukses perusahaan dari strategi transformasi digitalnya.
Penulis: Teresa Spangler
Sumber: https://www.forbes.com/sites/forbestechcouncil/2018/06/01/seven-steps-to-simplifying-your-digital-transformation/2/#583784593a74